Transformasi Paradigmatik Pendidikan Kristiani melalui Spiritualitas Persahabatan: Rekonstruksi Teologis-Pedagogis Berdasarkan Yohanes 15:12-15
Abstract
Abstrak
Penelitian ini mengkaji transformasi paradigmatik dalam pendidikan Kristiani melalui implementasi spiritualitas persahabatan sebagai respons terhadap dikotomi antara pencapaian akademik dan pembentukan karakter holistik. Melalui metodologi kualitatif interpretatif dengan pendekatan hermeneutik teologis terhadap perikop Yohanes 15:12-15, penelitian ini menganalisis konstruksi relasional antara dimensi kognitif, afektif, dan spiritual dalam pendidikan Kristiani kontemporer. Temuan penelitian menunjukkan bahwa spiritualitas persahabatan yang berfundasi pada konsep philia dan agape dalam tradisi Johannine memberikan kerangka teoritis bagi transformasi pedagogis yang holistik. Implementasi spiritualitas persahabatan melalui pendidikan karakter berbasis virtue ethics, pembelajaran kolaboratif dialogis, internalisasi nilai-nilai pelayanan transformatif, dan penciptaan komunitas belajar inklusif dapat merealisasikan pendidikan Kristiani yang integral. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa pendekatan ini mampu membentuk peserta didik yang memiliki kompetensi intelektual, integritas moral, spiritualitas yang matang, serta sensitivitas sosial yang tinggi dalam konteks masyarakat plural.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arthur, James, Kristján Kristjánsson, Tom Harrison, Wouter Sanderse, and Daniel Wright. The Flourishing of Character: Virtue Ethics and Character Education. London: Routledge, 2019.
Banks, James A. Multicultural Education: Issues and Perspectives. 9th ed. New York: Wiley, 2019.
Brown, Raymond E. The Gospel According to John (XIII-XXI): Introduction, Translation, and Notes. New Haven: Yale University Press, 1970.
Creswell, John W. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. 4th ed. Thousand Oaks, CA: SAGE, 2018.
Eisner, Elliot W. The Educational Imagination: On the Design and Evaluation of School Programs. 4th ed. Upper Saddle River, NJ: Pearson, 2002.
Eyler, Janet, and Dwight E. Giles Jr. Where's the Learning in Service-Learning? San Francisco: Jossey-Bass, 1999.
Fitzgerald, John T. Greco-Roman Perspectives on Friendship. Atlanta: Scholars Press, 1997.
Freire, Paulo. Pedagogy of the Oppressed. 50th anniversary ed. New York: Bloomsbury Academic, 2018.
Gadamer, Hans-Georg. Truth and Method. Translated by Joel Weinsheimer and Donald G. Marshall. 2nd rev. ed. London: Continuum, 2004.
Glaser, Barney G., and Anselm L. Strauss. The Discovery of Grounded Theory: Strategies for Qualitative Research. Chicago: Aldine, 1967.
Groome, Thomas H. Sharing Faith: A Comprehensive Approach to Religious Education and Pastoral Ministry. Eugene, OR: Wipf and Stock, 1999.
Gutiérrez, Gustavo. A Theology of Liberation: History, Politics, and Salvation. Revised edition. Maryknoll, NY: Orbis Books, 1988.
Hauerwas, Stanley. A Community of Character: Toward a Constructive Christian Social Ethic. Notre Dame: University of Notre Dame Press, 1981.
Hutabarat, Franklin. "Navigating Diversity: Exploring Religious Pluralism and Social Harmony in Indonesian Society." European Journal of Theology and Philosophy 3, no. 6 (2023): 6-13.
Jena, Yenny. "Toleransi Antarumat Beragama di Indonesia dari Perspektif Etika Kepedulian." Jurnal Sosial Humaniora (JSH) 12, no. 2 (2019): 183-195.
Kaunang, Rolina Anggereany Ester, dan Talizaro Tafonao. "Diskursus Keberagaman Agama dan Implikasinya dalam Praksis Pendidikan Agama Kristen." DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 7, no. 2 (2023): 915-928.
Keriapy, Frets. "Pendidikan Kristiani Transformatif Berbasis Multikultural dalam Konteks Indonesia." Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 82-93.
Kohlberg, Lawrence. The Psychology of Moral Development: The Nature and Validity of Moral Stages. San Francisco: Harper & Row, 1984.
Laoli, Meniria, Leo Swastani Zai, Elieser R Marampa, dan Indraldo Undras. "Moderasi Beragama: Upaya Guru Pendidikan Agama Kristen Mencegah Sikap Intoleran Pada Remaja." Vox Dei: Jurnal Teologi dan Pastoral 4, no. 1 (2023): 99-111.
Lo, Sarinah. "The Roles of Christian Schools in Mitigating Ethno-Religious Violence in Indonesia." International Journal of Christianity & Education 26, no. 3 (2022): 300-314.
MacIntyre, Alasdair. After Virtue. 3rd ed. Notre Dame: University of Notre Dame Press, 2007.
Masinambow, Yornan, and Yosef Nasrani. "Pendidikan Kristiani sebagai Sarana Pembentukan Spiritualitas Generasi Milenial." PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 17, no. 1 (2021): 64-81.
Messakh, Besly Yermy Tungaoly. "Menjadi Sahabat bagi Sesama: Memaknai Relasi Persahabatan dalam Pelayanan Pastoral." GEMA TEOLOGIKA: Jurnal Teologi Kontekstual dan Filsafat Keilahian 5, no. 1 (2020): 1-10.
Ndruru, Terifosa, and Agustinus Setiawidi. "Teologi Artificial Intelligence: Suatu Kajian Etis-Teologis terhadap Fenomena Kehadiran Pendeta AI dalam Konteks Gereja di Indonesia di Masa Depan." DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 9, no. 2 (2024): 607-628.
Noddings, Nel. Caring: A Relational Approach to Ethics and Moral Education. 2nd ed. Berkeley: University of California Press, 2013.
Nuryatno, M. Agus. "Religious Education and the Challenge of Pluralism in Indonesia." Jurnal Pendidikan Islam 28, no. 1 (2013): 140-155.
Palmer, Parker J. The Courage to Teach: Exploring the Inner Landscape of a Teacher's Life. 10th anniversary ed. San Francisco: Jossey-Bass, 2007.
Pamantung, Salmon. "Hermeneutika Kontekstual: Sebuah Dialektika Sudut Pandang Penafsir Dan Teks Dalam Memahami Kitab Suci." KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 10, no. 3 (2024): 614–625. https://sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios/article/view/1226.
Perrin, Nicholas. Jesus the Temple. London: SPCK, 2010.
Pew Research Center. "The Global Religious Landscape: Muslims." Accessed May 15, 2025. https://www.pewresearch.org/religion/2012/12/18/global-religious-landscape-muslims/.
Rantesalu, Syani Bombongan. "Pemberlakuan Kurikulum Berbasis Nilai dan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa SMA Negeri Di Tana Toraja." BIA': Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 3, no. 2 (2020): 214-229.
Schneiders, Sandra M. Written That You May Believe: Encountering Jesus in the Fourth Gospel. New York: Crossroad, 2003.
Setara Institute. "Laporan Kondisi Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan di Indonesia Tahun 2017." Accessed July 16, 2025. https://setara-institute.org/laporan-kondisi-kebebasan-beragama-dan-berkeyakinan-di-indonesia-tahun-2017/.
Setio, Robert. "Mencari Eklesiologi yang Hidup." DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 8, no. 2 (2023): 445-467.
Siahaya, Johannis, Yudhi Kawangung, and Yuel Yoga Dwianto. "Considering Pluralism Reality in Christian Religious Education." International Journal of Social Sciences 3, no. 1 (2020): 32-38.
Sihotang, Hermanto. "Pentingnya Kontekstualisasi pada Pendidikan Kristen." Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi 5, no. 1 (2022): 78-95.
Simamora, Elwira, Imelda Tambunan, Sani Bancin, and Samsul Lumbanraja. "Transformasi Pendidikan Agama Kristen: dari Masa Lalu Hingga Masa Kini." Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen Dan Katolik 3, no. 1 (2025): 38-46.
Smith, Christian, and Melinda Lundquist Denton. Soul Searching: The Religious and Spiritual Lives of American Teenagers. Oxford: Oxford University Press, 2005.
Tampubolon, Fransiskus. "Christianophobia: A Threat to Indonesian Pluralism and Religious Freedom." International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 9, no. 11 (2022): 245-262.
Tuju, Serva, Harls Evan R. Siahaan, Melkius Ayok, Fereddy Siagian, and Donna Sampaleng. "Hospitalitas Pendidikan Kristiani dalam Masyarakat Majemuk." Jurnal Teologi Berita Hidup 3, no. 2 (2021): 344-355.
Uriptiningsih, Ana Lestari, Yonathan Salmon Efrayim Ngesthi, dan Carolina Etnasari Anjaya. "Dimensi Meta Learning dalam Transformasi Pendidikan Kristiani di Indonesia." KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 8, no. 2 (2022): 561-573.
Volf, Miroslav. Exclusion and Embrace: A Theological Exploration of Identity, Otherness, and Reconciliation. Nashville: Abingdon Press, 1996.
Vygotsky, Lev S. Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press, 1978.
Wolterstorff, Nicholas. Educating for Shalom: Essays on Christian Higher Education. Grand Rapids: Eerdmans, 2004.
Yudha, Andres Barata, Harls Evan R. Siahaan, Serlina Sarlin, and Merien Sriyuni Banne. "Relasi Persahabatan dalam Kepemimpinan Kristiani: Sebuah Tawaran Spiritualitas Persahabatan dalam Kepemimpinan Kristiani melalui Pembacaan Yohanes 15:15." KURIOS 11, no. 1 (April 30, 2025): 107–119.
DOI: https://doi.org/10.47543/efata.v%25vi%25i.221
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Efata telah terdaftar pada situs:
![]() | Â ![]() | Â | Â |
Online ISSN: 2722-8215
Printed ISSN: 2477-1333
Copyright © Jurnal Efata 2020-2023. All Rights Reserved.