Strategi Pendidikan Kristiani dalam Mempresentasikan Injil bagi Anak Sekolah Minggu Prasekolah

Bulanda Agata, Yonatan Alex Arifianto

Abstract


The world of children in preschool is when children are again in the phase of having fun and playing with the family and the outside environment. The preschool age, which is 3-6 years old, is when children enjoy playing while learning. This is a time when children need to be introduced to the education that begins with the knowledge of the truth of God's word from Sunday school activities and introduces them to basic education about the truth of the gospel from the Biblical story. The importance of this research is to cultivate spirituality early for children at preschool age; that is, since children are 3-6 years old, they need a good and correct spiritual life through preaching the gospel and presenting the gospel to children of preschool age. The need for Christian religious education for children at an early age where children need to be reached and introduced to the truth from God's word, to Christ, and children really need guidance from educators, whether they be Christian religious educators, Sunday school teachers or parents also need to play an important role in educating by introducing the truth of the stories in the Bible. Evangelism is one good strategy to reach children by presenting the gospel and the great message in preschool Sunday schools. The purpose of this writing is to find out that strategies in learning Christian religious education are very important for educators, especially for Sunday school teachers, to present the gospel and the great message for Sunday school children in ministry, bringing up creative ideas in teaching strategies. through Sunday school preschool.

  

Abstrak: Dunia anak-anak dimasa prasekolah merupakan masa di mana anak-anak lagi pada fase senang-senang dan bermain dengan lingkungan keluarga dan lingkungan luar. Diusia prasekolah yaitu umur 3-6 tahun ini adalah masa anak-anak senang dalam bermian sambil belajar. Masa ini adalah masa anak-anak perlu untuk dikenalkan akan pendidikan yang dimulai dar pengenalan akan kebenaran dari firman Tuhan dari kegiatan sekolah Minggu dan mengenalkan kepada mereka pendidikan dasar tentang kebenaran injil dari cerita Alkitab. Pentingnya penelitian ini adalah menumbuhkan kerohanian sejak dini bagi anak-anak diusia prasekolah yaitu sejak anak-anak berumur 3-6 tahun, mereka memerlukan kehidupan kerohanian yang baik dan benar melalui pemberitaan injil, mempresentasikan injil bagi anak-anak usia prasekolah. Perlunya pendidikan agama Kristen bagi anak-anak di usia dini di mana anak-anak itu perlu untuk dijangkau dan dikenalkan akan kebenaran dari firman Tuhan, kepada Kristus, dan anak sangat perlu pembinaan dari para pendidik entah itu pendidik agama Kristen, guru sekolah Minggu maupun orang tua juga perlu berperan penting untuk mendidik dengan mengenalkan akan kebenaran dari cerita yang ada didalam Alkitab. Penginjilan adalah salah satu strategi yang baik untuk dilakukan supaya bisa menjangkau anak-anak dengan mempresentasikan injil dan amanat agung disekolah Minggu prasekolah. Tujuan dari penulisan ini adalah mengetahui bahwa strategi dalam pembelajaran pendidikan agama Kristen sangat penting untuk para pendidik terutama bagi guru sekolah Minggu untuk dapat mempresen-tasikan injil dan amanat agung bagi anak-anak sekolah Minggu dalam pelayanan, memunculkan akan ide-ide kreatif dalam strategi pengajaran melalui sekolah Minggu prasekolah.

 


Keywords


Christian education learning; great commission; presenting gospel; preschool; Sunday school; amanat agung; mempresentasikan injil; pendidikan kristiani; prasekolah; sekolah Minggu

Full Text:

PDF

References


Anjaya, Carolina Etnasari, dan Yonatan Alex Arifianto. “Awarenesss Triangle: Konsep Pengembangan Pendidikan Kristen bagi Generasi Tekno di Era Virtual.” Jurnal Teologi Gracia Deo 4, no. 1 (2022).

———. “Manifestasi Amanat Agung Tuhan Yesus dalam Kehidupan Virtual Remaja Kristen.” Alucio Dei 6, no. 2 (2022): 93–108.

Arifianto, Yonatan Alex, Hardi Budiyana, dan Paulus Purwoto. “Model dan Strategi Pembelajaran Yesus berdasarkan Injil Sinoptik dan Implementasinya bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 1–17.

Boiliu, Fredik Melkias. “Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga Di Era Digital.” TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan) 10, no. 1 (2020): 107–119.

Fadliyah, Lailatul, Joko Susanto, dan Rukanah Rukanah. “Stimulasi Finger Puppet Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Pra Sekolah.” Jurnal Penelitian Kesehatan" SUARA FORIKES"(Journal of Health Research" Forikes Voice") 12, no. 4 (2021): 459–462.

Fernando, Andreas, dan Carolina Etnasari Anjaya. “Pelayanan dan Kehidupan Tuhan Yesus Sebagai Pola Dasar bagi Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Kristen.” MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2022): 50–60. Diakses April 6, 2022. http://ojs.stak-samarinda.ac.id/index.php/manthano/article/view/9.

Gea, Ibelala. “Beritakan Injil Kepada Segala Makhluk.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual (2018).

Gultom, Joni Manumpak Parulian. “Peran Teolog dalam Membangun Humanisasi Peradaban Era Society 5.0.” TEMISIEN: Jurnal Teologi, Misi, dan Entrepreneurship 2, no. 2 (2022).

Idayanti, Titiek, Kurnia Indriyanti Purnama Sari, dan Widya Anggraeni. “Upaya Menghadapi School Phobia Pada Anak Prasekolah Dengan Melibatkan Peran Orang Tua Dalam Pemberian Pola Asuh Yang Benar Di PAUD--TK Yabunaya Bangsal--Mojokerto.” Journal of Community Engagement in Health 3, no. 2 (2020): 180–183.

Karyawati, Lisa. “Konsep pembelajaran pendidikan agama Kristen dalam masyarakat majemuk.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen) 1, no. 1 (2019): 23–29.

Kristiono, Tanto, dan Deo Putra Perdana. “Hambatan Guru dan Pelayanan Sekolah Minggu di Gereja Kristen Jawa Jebres Surakarta.” Jurnal Teologi Gracia Deo 1, no. 2 (2019): 90–100.

Mansur, Arif Rohman, dan U Andalas. “Tumbuh kembang anak usia prasekolah.” Andalas University Pres 1, no. 1 (2019).

Munthe, Eben. “Mengoptimalkan Karunia Dalam Jemaat Untuk Melakukan Misi Amanat Agung Di Era 4.0.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 3, no. 2 (2019): 133–141.

Ngesthi, Yonathan Salmon Efrayim, Carolina Etnasari Anjaya, dan Yonatan Alex Arifianto. “Merefleksikan Prinsip dan Tanggung JawabKepemimpinan Adam dalam Kepemimpinan Kristen: Kajian Biblis Kejadian 2-3.” Jurnal Teruna Bhakti 3, no. 2 (2022): 146–156. http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/article/view/112/47.

Pane, Pranada. “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBINAAN WARGA GEREJA.” JURNAL IMPARTA 1, no. 1 (2022): 14–29.

Pujiono, Andrias, Carolina Etnasari Anjaya, dan Yonatan Alex Arifianto. “Generasi yang Unggul dalam Iman, Ilmu, dan Pengabdian di Era Industri 4.0.” DIEGESIS: Jurnal Teologi Kharismatika 5, no. 1 (2022).

Ritonga, Nova, Juliandes Leonardo Trisno Mone, Mathan Yunip, dan Yunardi Kristian Zega. “Implementasi Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah.” Jurnal Shanan 5, no. 1 (2021): 29–42.

Sitanggang, Murni Hermawaty, dan M Th. “BAHAN AJAR” (n.d.).

Stevanus, Kalis. “Mengimplementasikan Pelayanan Yesus Dalam Konteks Misi Masa Kini Menurut Injil Sinoptik.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (2018): 284–298.

Suhartanti, Ika, Zulfa Rufaida, Widy Setyowati, dan Fitria Wahyu Ariyanti. STIMULASI KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK PRA SEKOLAH. Mojokerto: STIKes Majapahit Mojokerto, 2019.

Tafonao, Talizaro, Rita Evimalinda, dan others. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Era Society 5.0.” SHAMAYIM: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 2, no. 1 (2021): 62–74.

Tjandra, Daniel S. “Impelementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Abad 21.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2020): 1–10.

Togatorop, Mangiring Tua. “Hubungan Partisipasi Umat Kristen Dalam Dunia Politik Dan Pendidikan Terhadap Mandat Amanat Agung” (2020).

Yulianingsih, Dwiati. “Upaya Guru Sekolah Minggu dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Alkitab di Kelas Sekolah Minggu.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 3, no. 2 (2020): 285–301.




DOI: https://doi.org/10.47543/efata.v9i1.99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Efata telah terdaftar pada situs:

    

View Efata Stats

Online ISSN: 2722-8215

Printed ISSN: 2477-1333

Copyright © Jurnal Efata 2020-2023. All Rights Reserved.