Ekopedagogi sebagai Fungsi Praksis Imago Dei dalam Menjaga dan Merawat Lingkungan

Agustin Soewitomo Putri

Abstract


The world is in a state of environmental crisis, disaster, and various problems that touch the interests of many people's lives. In this case, the Bible reveals that likeness to God is a form of responsibility to deal with this problem. In God's likeness, there is a mandate and responsibility for caring for nature to the next generation. One of the implementations that can be carried out is through eco-pedagogy. The world, which is entering the era of society 5.0, is pulling humanity forward in a technological development that cannot be avoided, and preserving the environment is a generational educational task that affects the comfort of the "home" where we live. Using the library research method, this article describes eco-pedagogy as the implementation of the task of being like God, which can be part of the answer to today's ecological problems.

 

 

Abstrak

Dunia ada dalam kondisi krisis lingkungan, bencana dan berbagai problematika yang menyentuh kepada kepentingan hidup orang banyak. Dalam hal ini Alkitab menguak tentang keserupaan dengan Allah menjadi wujud tanggung jawab untuk menghadapi persoalan tersebut. Di dalam keserupaan dengan Allah, dijumpai sebuah mandat dan tanggung jawab pemeliharaan alam kepada keturunan berikutnya dan salah satu pelaksanaan yang dapat dilaksanakan adalah melalui ekopedagogi. Dunia yang memasuki  Era society  5.0 ini menarik maju manusia dalam sebuah perkembangan tehnologi yang tidak dapat dihindarkan, dan pelestarian terhadap lingkungan menjadi tugas pendidikan generasi yang mempengaruhi kenyamanan “rumah” di mana kita tinggal. Dengan metode penelitian kepustakaan, artikel ini memaparkan ekopedagogi sebagai pelaksanaan tugas keserupaan dengan Allah yang mampu menjadi sebagian jawaban terhadap permasalah ekologi masa kini.


Keywords


ecopedagogy; environmental preservation; imago dei; natural destruction; ekopedagogi; kerusakan alam; pemeliharaan lingkungan

Full Text:

PDF

References


Amirullah. “Krisis Ekologi: Problematika Sains Modern” Jurnal Lentera XVIII No 1 (2015). https://media.neliti.com/media/publications/145017-ID-krisis-ekologi-problematika-sains-modern.pdf.

Atkinson, David. Kejadian 1-11. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih / OMF, 2000.

Durrotun Nafisahab, Dewi Liesnoor Setyowatia, Eva Banowatia, Agustinus Sugeng Priyantoa. “Pendidikan Berbasis Ekopedagogik Dalam Pembelajaran IPS Di Era New Normal.” In Prosiding Seminar Unnes, 2020. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/568/487.

Gadotti, Moacir. “Reorienting Education Practices towards Sustainability.” Journal of Education for Sustainable Development (2010). http://jsd.sagepub.com/content/4/2/203%0A.

Hana Yunansah, Yusuf Tri Herlambang. “Pendidikan Berbasis Ekopedagogik Dalam Menumbuhkan Kesadaran Ekologis Dan Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar - Sebuah Telaah Kritis Dalam Perspektif Pedagogik Kritis.” EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 9. No (2017). https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/download/6153/4169#:~:text=Ekopedagogik dapat diartikan sebagai gerakan,berpendapat bahwa ekopedagogik merupakan sebuah.

Herlambang, Hana Yunansah; Yusuf Tri. “Pendidikan Berbasis Ekopedagogik Dalam Menumbuhkan Kesadaran Ekologis Dan Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar.” EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar 9 No: 1 (2017). https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/download/6153/4169#:~:text=Ekopedagogik dapat diartikan sebagai gerakan,berpendapat bahwa ekopedagogik merupakan sebuah.

Herlambang, Yusuf Tri. Pedagogik - Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Magnan, Sally Sieloff, and John W. Creswell. “Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches.” The Modern Language Journal 81, no. 2 (2006): 256.

Marisi, Candra Gunawan. “Esensi Kemanusiaan Menurut Gambar Dan Rupa Allah.” Jurnal Real Didache 2 No:2 (2017). https://osf.io/5nx3a/download.

Nurihsan, Achmad Juntika. Membangun Peradaban Melalui Pendidikan Dan Bimbingan. Bandung: Refika Aditama, 2017.

Pasuhuk, Suryanica Aristas. “Evaluasi Teologis Tiga Pandangan Manusia Diciptakan Menurut Gambar Dan Rupa Allah.” Jurnal Fakultas Filsafat Universitas Klabat 1 No: 2 (2012). https://www.google.com/search?q=pandangan+brunner+dan+barth+tentang+lingkungan&oq=pandangan+brunner+dan+barth+tentang+lingkungan&aqs=chrome..69i57j33i10i160.9647j1j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8#.

Rd.Roro Windy Amelya Kusumawardani; Kuswanto. “Membangun Kesadaran Lingkungan Melalui Ekopedagogik Pada Anak Usia Dini Berlandaskan Konsep Jan Ligthart.” Jurnal Pendidikan Anak 9 No : 2 (2020). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/31997/14552.

Tjasyono, Nurasyah Dewi Napitupulu; Achmad Munandar; Sri Redjeki; Bayong. “Ecotheology Dan Ekopedagogi: Upaya Mitigasi Terhadap Eksploitasi Alam Semesta.” Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik dan Agama 1 No: 2 (2018). https://jurnalvow.sttwmi.ac.id/index.php/jvow/article/view/9.

Verdana, Benedikte Tri Merianti. “PBB: Dunia Sudah Kehabisan Waktu Untuk Benahi Krisis Iklim.” Last modified 2021. https://www.liputan6.com/global/read/4537016/pbb-dunia-sudah-kehabisan-waktu-untuk-benahi-krisis-iklim.

Yasida, Khaliq Setya. “Eco-Pedagogy.” Jurnal Historika 23 No: 1 (2020). https://jurnal.uns.ac.id/historika/article/view/41243.

Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan. Malang: Gandum Mas, 2000.

“Masalah Lingkungan Hidup Di Indonesia Dan Dunia Saat Ini.” Accessed November 30, 2020. https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/masalah-lingkungan-hidup-di-indonesia-dan-dunia-saat-ini-15.




DOI: https://doi.org/10.47543/efata.v9i1.82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Efata telah terdaftar pada situs:

    

View Efata Stats

Online ISSN: 2722-8215

Printed ISSN: 2477-1333

Copyright © Jurnal Efata 2020-2021. All Rights Reserved.