Model Pembinaan yang Holistik di Asrama bagi Mahasiswa Teologi

Bimo Setyo Utomo, Eddy Tjondro

Abstract


Dormitories in a theological education institution not only function to be a shelter for students, but also a place for students to learn from each other's respective regional cultures, learn to socialize, learn to train sensitivity or care, learn to obey and submit to the coaches, and become personal who has the character of Christ. In the field, it is undeniable that there are many problems, such as problems due to diverse student backgrounds, student discipline, student social interactions with the outside world, student adaptation patterns in various dormitories, and many other things. The methodology used in this research is descriptive and qualitative. Support from the Bible and several biblical sources are also presented in a systematic description according to the framework of thinking. From the results of the study, it was found that there were six formulations of student development models in theological institutions in dormitories that were holistic and ideal, namely (1) a spiritual-centered coaching model, (2) a transformative coaching model, (3) an integrative and holistic coaching model, (4) structured discipline model, (5) projective and anticipatory coaching model, and (6) teamwork coaching model.

 

 

Abstrak

Asrama dalam sebuah institusi pendidikan teologi tidak hanya berfungsi untuk menjadi tempat penampungan mahasiswa saja, tetapi juga merupakan wadah mahasiswa saling belajar budaya daerah masing-masing, belajar bersosialisasi, belajar untuk melatih kepekaan atau kepedulian, belajar untuk taat dan tunduk pada pembina, serta menjadi pribadi yang memiliki karakter Kristus. Di dalam lapangan tidak dipungkiri terdapat banyak masalah, seperti misalnya permasalahan karena latar belakang mahasiswa yang beragam, kedisiplinan mahasiswa, interaksi sosial mahasiswa dengan dunia luar, pola adaptasi mahasiswa di asrama yang beragam, dan masih banyak hal lainnya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif diskriptif. Dukungan dari Alkitab dan beberapa sumber pustaka juga dipaparkan dalam sebuah uraian sistematis sesuai dengan kerangka berpikir. Dari hasil penelitian, didapatkan enam rumusan model pembinaan mahasiswa di institusi teologi berasrama yang holistik dan ideal, yaitu (1) model pembinaan yang berpusat pada hal rohani, (2) model pembinaan transformatif, (3) model pembinaan integratif dan holistik, (4) model disiplin terstruktur, (5) model pembinaan proyektif dan antisipatif, serta (6) model pembinaan teamwork.


Keywords


coaching models; dorm student; dormitory coaching; theological dormitory; asrama teologi; mahasiswa asrama; model pembinaan; pembinaan asrama

Full Text:

PDF

References


Arifianto, Yonatan Alex. “Studi Deskriptif 1 Timotius 4:1-16 Tentang Pelayan Kristus Yang Baik.” Jurnal Teologi Rahmat 6, no. 1 (2020): 66–77. https://sttrem.co.id/e-journal/index.php/jtr/article/view/6.

Azwar, Saifuddin. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Darmawan, I Putu, and Deni Triastanti. “Pola Perwalian Sebagai Pembinaan Akademik, Kerohanian Dan Karakter Mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 2, no. 1 (2020): 13–26. https://ojs-jireh.org/index.php/jireh/article/view/32.

Devito, Joseph A. Komunikasi Antar Manusia: Kuliah Dasar. 5th ed. Jakarta: Professional Books, 2014.

Elsi, Elisabet, Rustiyarso, and Okianna. “Peran Pembina Asrama Dalam Memotivasi Belajar Pada Siswi SMA Di Asrama Putri.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 3, no. 8 (2014): 1–12. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6654.

Faiz, Fajar Ridho Fatan, Nurhadi Nurhadi, and Abdul Rahman. “Pembentukan Sikap Disiplin Siswa Pada Sekolah Berbasis Asrama.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 13, no. 2 (July 31, 2021): 309–326. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/902.

Fitriah, Lutfiyanti. “Pemberdayaan Pendidikan Perempuan Di Asrama Rakat Mufakat Putri Kerukunan Mahasiswa Hulu Sungai Selatan.” Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 2 (May 31, 2021): 100. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/article/view/2840.

Hasbahuddin, Hasbahuddin, and Rosmawati Rosmawati. “Implementasi Teknik Pengelolaan Diri Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa.” KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapannya 1, no. 1 (October 23, 2019). https://journal.ilininstitute.com/index.php/konseling/article/view/325.

Jela, Kristina, Oktaviani Kerawing, YantiIngan Pai, and Margaretta Margaretta. “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Asrama Bagi Mahasiswa Calon Guru.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (2022): 1–9. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2402.

Lockerbie, D. Bruce. A Passion for Learning-A History Of Christian Thought On Education. Colorado: Division of ACSI, 2018.

Manshur, Ahmad. “Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa.” Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (April 15, 2019): 16–28. http://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/al-ulya/article/view/207.

Mathis, David, and Jonathan Parnell. How to Stay Christian in Seminary. Illinois: Crossway, 2017.

Moog, François. “The Challenges Facing Catholic Education in France Today.” International Studies in Catholic Education 8, no. 2 (July 2, 2016): 155–167. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/19422539.2016.1206398.

Paletta, Angelo, and Italo Fiorin. “The Challenges of Catholic Education: Evidence from the Responses to the Instrumentum Laboris ‘Educating Today and Tomorrow.’” International Studies in Catholic Education 8, no. 2 (July 2, 2016): 136–154. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/19422539.2016.1206397.

Sahuleka, Maria. “Disiplin Pada Mahasiswa Teologi Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Dan Persepsi Terhadap Kepemimpinan Kepala Asrama.” PhD diss. Unika Soegijapranata Semarang (2011). http://repository.unika.ac.id/18215/.

Samarenna, Desti, and Harls Evan R. Siahaan. “Memahami Dan Menerapkan Prinsip Kepemimpinan Orang Muda Menurut 1 Timotius 4:12 Bagi Mahasiswa Teologi.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 1 (June 24, 2019): 1–13. http://www.jurnalbia.com/index.php/bia/article/view/60.

Sarumaha, Nurnilam, and Novie Deisy Pasuhuk. “Strategi Membangun Karakter Peduli Sesama Di Kalangan Mahasiswa Teologi Berdasarkan Filipi 2:1-8.” JURNAL TERUNA BHAKTI 2, no. 2 (February 16, 2020): 133. http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/article/view/38.

Shaw, Perry. Transforming Theological Education: A Practical Handbook for Integrative Learning. Cumbria: Langham Global Library, 2014.

Tandiongan, Fianus. "PENGARUH PEMBINAAN ASRAMA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA STT KRISTUS ALFA OMEGA TAHUN AJARAN 2018/2019." Shift Key: Jurnal Teologi dan Pelayanan 8, no. 2 (2018): 49-69. https://doi.org/10.37465/shiftkey.v8i2.22.

Tanusaputra, Daniel Nugraha. “Kerohanian Dan Pelayanan Seorang Hamba Tuhan.” Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 14, no. 2 (October 1, 2013): 253–276. https://ojs.seabs.ac.id/index.php/Veritas/article/view/281.

Tong, Stephen. Arsitek Jiwa II. 8th ed. Jakarta: Momentum, 2010.

Utari, Rahmania, Mada Sutapa, and Tina Rahmawati. “PEMBENTUKAN IKLIM SOSIAL-AKADEMIK DI ASRAMA MAHASISWA.” Jurnal Penelitian Humaniora 19, no. 1 (March 3, 2015). https://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora/article/view/3508.

Utomo, Bimo Setyo. “(R)Evolusi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mentransformasi Kehidupan Siswa.” DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 2 (2017): 102–116. https://doi.org/10.30648/dun.v1i2.111.

———. “Ibadah Yang Benar Menurut Amos 5: 4-6 Dan Relevansinya Bagi Tugas Dan Panggilan Gereja Di Masa Kini.” MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen 2, no. 1 (2020): 36–46. http://e-journal.sttikat.ac.id/index.php/magnumopus/article/view/73.

Vembriarto. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2003.

Wofford, James C. Kepemimpinan Kristen Yang Mengubahkan. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2011.




DOI: https://doi.org/10.47543/.v8i2.61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Efata telah terdaftar pada situs:

    

View Efata Stats

Online ISSN: 2722-8215

Printed ISSN: 2477-1333

Copyright © Jurnal Efata 2020-2021. All Rights Reserved.