Penyembuhan Ilahi sebagai Epistem Pedagogis: Rekonstruksi Pendidikan Kristiani-Pentakostal melalui Pendekatan Spirit-led learning
Abstract
Pendidikan Kristen kontemporer menghadapi problematika epistemologis dalam menginte-grasikan dimensi pneumatologis dengan konstruksi pembelajaran akademik yang didominasi paradigma sekularisme. Penelitian ini mengembangkan kerangka teoretis pendidikan Kristen Pentakosta yang mengintegrasikan penyembuhan ilahi sebagai epistemologi pedagogis melalui model Spi-rit-led learning. Menggunakan pendekatan kualitatif interpretatif, riset ini mengintegrasikan analisis teologis, fe-nomenologis, dan pedagogis melalui kajian bibliografis serta analisis pengalaman penyembuhan dalam tradisi Pentakostal. Temuan menunjukkan bahwa penyembuhan Ilahi memiliki dimensi pedagogis holistik yang bersifat experiential, embodied, dan komunal, mengajarkan iman yang tidak hanya konseptual tetapi transformatif. Spirit-led learning disintesiskan dari konvergensi teori pembelajaran transformasio-nal Mezirow-Freire dengan pneumatologi Pentakostal, menempatkan Roh Kudus sebagai Magister Supremus dalam proses pedagogis. Model ini meng-aktualisasikan transformasi multidimensional—kog-nitif, afektif, dan spiritual—sekaligus meng-geser orientasi pendidikan dari transmisi pengetahuan menuju formasi eksistensial. Penelitian menghasilkan guidelines pedagogis untuk implementasi dalam konteks pendidikan formal dan nonformal yang memfasilitasi transformasi holistik peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Althouse, P. "Pentecostal Theological Education: Affections, the Holy Spirit, and Religious Experience." Journal of Pentecostal Theology 26, no. 1 (2017): 37-57.
Anderson, Allan. An Introduction to Pentecostalism: Global Charismatic Christianity. 2nd ed. Cambridge: Cambridge University Press, 2013.
Bilo, Dyulius Thomas. “Korelasi Landasan Teologis dan Filosofis dalam Pengembangan Prinsip dan Praksis Pendidikan Agama Kristen.” Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi 3, no. 1 (2020): 1–23. https://doi.org/10.47457/phr.v3i1.46
Dan Kia, A., et al. Buku Konstruksi Pendidikan Agama Kristen di Era Disrupsi. Penerbit Widina, 2025.
Devi, Yulia Nurmasita. Schooling VS Learning: The Perspective between Formal and Nonformal Education. Indonesia Emas Group, 2025.
Freire, Paulo. Pedagogy of the Oppressed. New York: Continuum, 1970.
Jimmy, Liem. "Interseksi Antara Rasionalitas Perspektif Kant dan Pengalaman Spiritual Alvin Plantinga: Tinjauan Fenomenologis." Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisipliner 2, no. 1 (2025): 1259–1274.
Johns, Jackie David, and Cheryl Bridges Johns. "Yielding to the Spirit: A Pentecostal Approach to Group Bible Study." Journal of Pentecostal Theology 1, no. 1 (1992): 109-134.
Macchia, Frank D. Baptized in the Spirit: A Global Pentecostal Theology. Grand Rapids, MI: Zondervan, 2006.
Mewet, Mince, and Oktavianus Rangga. "Spiritualitas dalam Kurikulum untuk Menciptakan Lingkungan Belajar yang Memupuk Iman dan Pengetahuan." Imitatio Christo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2025): 111–129.
Mezirow, Jack. Transformative Dimensions of Adult Learning. San Francisco: Jossey-Bass, 1991.
Muthmainnah, Lailiy. "Tinjauan Kritis Terhadap Epistemologi Immanuel Kant (1724-1804)." Jurnal Filsafat 28, no. 1 (2018): 74-91.
Muzeliati, Muzeliati, M. Firdaus, and Sumianto Sumianto. "Kerinduan pada Sosok Pendidik: Upaya Membangun Relasi Edukatif yang Otentik." Indonesian Research Journal on Education 5, no. 4 (2025): 103–113.
Nainggolan, M., and S. P. Nababan. "The Significance of Understanding Pentecostal Spirituality for Life Young Generation in the Era of Society 5.0." CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 6, no. 1 (2025): 143-160.
Ndruru, Yurlina, Andreas Teko, and Sandra Rosiana Tapilaha. "Teologi Pendidikan Agama Kristen: Fondasi dan implikasi untuk pendidikan modern." Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen Dan Katolik 2, no. 2 (2024): 167-176.
Palmer, Parker J. The Courage to Teach: Exploring the Inner Landscape of a Teacher's Life. San Francisco: Jossey-Bass, 1998.
Pantan, Frans, Hendrik Timadius, Gernaida KR Pakpahan, and Heru Cahyono. "Prinsip Didaktik Pentakostal: Ekstraksi Teologis dan Pedagogis dari Paulo Freire." Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 2 (2021): 122-133. https://doi.org/10.33541/rfidei.v6i2.120.
Rangga, Oktavianus. "Pembelajaran Agama Kristen Berbasis Pengalaman: Membangun Iman Melalui Narasi Hidup." PEADA': Jurnal Pendidikan Kristen 5, no. 2 (2024): 81-99. https://doi.org/10.34307/peada.v5i2.216.
Sadikin, V., dan Y. H. Tampubolon. "Mandat Budaya dalam Wawasan Dunia Kristen: Suatu Kritik terhadap Dualisme." Manna Rafflesia 10, no. 1 (2023): 118-134.
Setiaji, Denden. Seni Hubungannya dalam Berbagai Sudut Pandang. Edu Publisher, 2024.
Siregar, Viktor Deni, Rame Irma Ida, and Rita Evimalinda. "Pentakosta dalam Ruang Pendidikan Agama Kristen: Semangat Pentakosta dalam Transformasi Pengajaran PAK di Era Society 5.0." PEADA': Jurnal Pendidikan Kristen 6, no. 1 (2025): 67-82. https://doi.org/10.34307/peada.v6i1.242.
Situmorang, J. Pneumatologi: Pengajaran Mengenai Roh Kudus, Pribadi, Karya, Manifestasi Dan Kuasa-Nya. PBMR ANDI, 2021.
Smith, James K. A. Thinking in Tongues: Pentecostal Contributions to Christian Philosophy. Grand Rapids, MI: Eerdmans, 2010.
Tambunan, Elia, and MC Reonald Debataraja. "Pantekostalisme dalam Studi Agama: Merekonstruksi Sejarah Sosio-Intelektual di Indonesia." DIEGESIS: Jurnal Teologi Kharismatika 7, no. 2 (2024): 86-113.
Telaumbanua, Patricia Dwi Irwani, Yosua Altiel Siburian, and Elsa Herawati Lubis. "Transformasi Spiritualitas Dan Implikasi Teologis Dalam Gerakan Kharismatik: Fenomena Dan Dampaknya." Anugerah: Jurnal Pendidikan Kristiani Dan Kateketik Katolik 2, no. 1 (2024): 11-21. https://doi.org/10.61132/anugerah.v2i1.441.
Van Manen, Max. Researching Lived Experience: Human Science for an Action-Sensitive Pedagogy. 2nd ed. New York: Routledge, 2016.
Warrington, Keith. Pentecostal Theology: A Theology of Encounter. London: T&T Clark, 2008.
Yong, Amos. The Spirit Poured Out on All Flesh: Pentecostalism and the Possibility of Global Theology. Grand Rapids, MI: Baker Academic, 2005.
DOI: https://doi.org/10.47543/efata.v12i1.241
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Efata telah terdaftar pada situs:
 |  ![]() |  |  |
Online ISSN: 2722-8215
Printed ISSN: 2477-1333
Copyright © Jurnal Efata 2020-2023. All Rights Reserved.


 