TEOLOGI HIKMAT DAN SIGNIFIKANSINYA BAGI PENDIDIKAN KRISTEN

Robin A Simanjuntak

Abstract


 

Hikmat adalah suatu kata yang banyak dicatat di dalam Alkitab. Seperti halnya dalam kitab Amsal, sang penulis Amsal menguraikan sembilan pasal awal mengenai hikmat untuk mengajarkan hal pendidikan moral kepada anak-anak. Hikmat yang diuraikan dalam kitab tersebut lebih kepada wahyu umum dalam penciptaan daripada wahyu khusus. Hikmat yang dimaksud di sini adalah hikmat Allah dalam mengajar nilai-nilai kebenaran. Sebab ada pula hikmat yang bukan dari Allah yakni hikmat yang berasal dari dunia ini. Hikmat dunia mengedepankan usaha manusia mencapai pengertian dengan pikiran dunia.
Alih-alih manusia mengejar pencarian hikmat yang ada di dalam dunia ini dengan pengetahuan tentang sesuatu atau berbagai macam hal, yakni berdasarkan sains, teknologi, intelektualitas yang dipikir dapat membuat manusia dikenal dan dinyatakan hebat karena berbagai kecerdasan yang dimilikinya tetapi pada kenyataannya semua itu membelenggu manusia pada jerat kesombongan dan kemiskinan hati. Karena itu, pendidikan yang mengabaikan hikmat adalah pendidikan yang perlahan-lahan menuju kepada keterpurukan dan kekosongan hati yang mengabaikan nilai-nilai kebenaran, keadilan dan kasih.


References


Erickson, Millard J. Truth or Consequences: The Promise to Perils of

Postmodernism. Illionis: IVP, 2010.

Edwards, Dennis. Jesus the Wisdom of God: An Acology Theology.

Merycnoll: Orbit, 1995.

Holmes, Arthur F. Building the Christian Academy. Grand Rapids:

Eerdmans, 2001.

Lindsley, Art. True Truth: Defending Absolute Truth in a Realistic

World. Illionis: IVP, 2004.

Robert W. Pazmino, Fondasi Pendidikan Kristen (Bandung: STT Bandung) 372.

Jurnal EFATA Vol. 4 No. 1, September 2018

Longman III, Tremper. Hikmat dan Hidup Sukses: Panduan Untuk Memperoleh Manfaat dari Kitab Amsal. Jakarta: Persekutuan Pembaca Alkitab, 2002.

Matera, Frank. New Testament Theology, Exploring Diversity and Unity.Louisville London: Westminster John Knox, 2007.

Martyn, J Louis. Theological Issues in The Letters of Paul. Edinburgh:

T & T Clarck, 1997.

Murphy, E. Roland. The Tree of Life: An Exploration Biblical

Literature. New York: ABRL, 1990.

Pazmino, Robert W. Fondasi Pendidikan Kristen. Bandung: STT Bandung

Pvitzner, V.C, Kesatuan Dalam Kepelbagaian: Tafsiran Atas Surat I

Korintus. Jakarta: BPK Gunung Mulia,

Ridderbos. Herman, The Gospel According to John: A Theological

Commentary. Grand Rapids: Eerdmans, 1991.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Robin A Simanjuntak