Peranan Pendidikan sebagai Medium Transformasi Sosial

Freddy Gunawan

Abstract


Ruwetnya permasalahan-permasalahan sosial di Indonesia yang tak kunjung rampung disinyalir karena tumpulnya fungsi pendidikan sebagai medium transformasi sosial yang tak kunjung digarap dan diolah dengan secara serius dan benderang sebagai tempat pembentukan karakter atau watak manusia Indonesia secara utuh. Tulisan ini merupakan sebuah usaha dialektika dalam konteks pendidikan dan juga filsafat Kristen dalam rangka menyoroti akan hal tersebut. Dengan berbasis kepada sebuah artikel yang pernah dimuat di Koran Kompas, penulis akan memberikan paparan isi sekaligus mengevaluasi dan merekonstruksi secara tepat fungsi pendidikan sebagai medium dalam

References


Anthony, Michael J. & Warren S. Benson. Exploring The History and Philosophy of Christian Education. Grand Rapids: Kregel, 2003.

Banawiratma, J. B. lman, Pendidikan, dan Perubahan Sosial.

Yogyakarta: Kanisius, 1991.

Buchori, Mochtar. “Transformasi Pendidikan: Sekolah Indonesia menuju abad XXI.” Pendidikan Antisipatoris. Diedit oleh Sindhunata. Yogyakarta: Kanisius, 2001.

Banawiratma, Iman, Pendidikan, dan Perubahan Sosial, 157.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Freddy Gunawan